Kesehatan

Penyakit yang Bisa Terjadi Karena Kebersihan Lingkungan yang Tidak Terjaga

Di dalam agama ada ungkapan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Hal tersebut bisa dimaknai bahwa menjaga lingkungan agar tetap bersih juga menunjukan iman yang Anda punyai. Lingkungan yang bersih menunjukan bahwa seseorang juga menyukai kebersihan dan juga mempunyai efek baik yaitu dapat untuk terhindar dari banyak penyakit. Berbeda dengan seseorang yang tidak terlalu memperhatikan kebersihan lingkungan sehingga lingkungan sekitar yang kotor tidak akan mengganggu. Tidak hanya dari segi pemandangan, tetapi lingkungan yang tidak terjaga dengan baik yaitu yang kotor dan tidak dibersihkan dengan rutin juga dapat untuk membawa dampak yang buruk. Dampak yang dirasakan adalah Anda bisa terkena penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Seperti misalnya beberapa penyakit karena tidak menjaga kebersihan di lingkungan sekitar adalah:

  1. Kolera
    Penyakit pertama yang disebabkan oleh lingkungan kotor adalah kolera. Dimana penyakit ini pernah menjadi penyakit yang mematikan pada jaman dahulu dan membunuh banyak orang. Kolera sendiri merupakan penyakit yang biasanya ditandai dengan diare yang parah. Diare tersebut berair dan juga tidak menyebabkan rasa sakit pada tubuh ataupun bagian perut. Diare karena kolera ini bisa disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae yang dapat mudah menular karena air dan juga makanan. Ketika terserang kolera akan membuat penderitanya menjadi kehilangan banyak cairan yang menyebabkan dehidrasi parah. Selain diare, kolera juga bisa ditandai dengan muntah, sakit perut, urin yang berwarna pekat, dan juga mata cekung.
  2. Demam tifoid
    Penyakit selanjutnya yang dapat diderita karena lingkungan yang tidak bersih adalah demam tifoid. Penyakit ini dapat terjadi karena infeksi bakteri yang bisa membuat Anda sakit parah apabila tidak segera ditangani oleh dokter. Dimana gejala yang dirasakan penyakit ini adalah terjadi sakit perut, sakit kepala, nafsu makan yang menghilang, dan juga tubuh menjadi sangat lemas. Adapun untuk penyebab penyakit ini adalah karena terjadi infeksi bakteri seperti salmonella dari toilet yang kotor ataupun makanan yang telah terkontaminasi.
  3. Tetanus
    Ketika tidak mempunyai lingkungan yang bersih selanjutnya juga bisa terkena tetanus. Penyakit ini bisa disebabkan oleh racun dari kuman clostridium tetani. Dimana kuman tersebut dapat timbul karena benda menempel pada tanah yang kotor. Apabila seseorang terkena tetanus biasanya disebabkan oleh luka yang ada pada tubuh terkena kuman yang telah disebutkan. Selain itu juga bisa terjadi karena kuku yang menyentuh kotoran ataupun juga melakukan kontak dengan benda yang terkena kuman yang dapat menyebabkan penyakit tetanus.
  4. Demam berdarah
    Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh digigit oleh nyamuk dan menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Apabila terkena penyakit ini sendiri bisa menyebabkan beberapa gejala seperti suhu tubuh yang naik dan turun, mengalami dehidrasi, dan juga dapat terjadi pendarahan internal. Adapun salah satu penyebab mengapa bisa terkena diabetes juga bisa disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Hal tersebut akan lebih mudah untuk membuat pertumbuhan nyamuk aedes berkembang biak lebih cepat.
  5. Hepatitis A
    Penyakit terakhir yang bisa disebabkan karena kebersihan lingkungan yang tidak terjaga adalah hepatitis A. Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh virus yang dapat untuk mempengaruhi kesehatan penderitanya. Untuk gejala yang terjadi karena penyakit ini adalah bisa menyebabkan demam, mual, dan juga kram perut. Adapun untuk penyebabnya adalah karena kuman dari lingkungan rumah yang kotor dan juga makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.